Rabu, 27 Juni 2012

MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA DALAM METODE BERMAIN TENTANG BANGUN DATAR DI KELAS V SD NEGERI 040456 BERASTAGI. Medan, jurusan PPSD, Fakultas Ilmu Pendidikan Unimed Tahun 2010/2011

ABSTRAK
RUDANG MERIMTA NIM 071211920187, MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA DALAM METODE BERMAIN  TENTANG BANGUN DATAR DI KELAS V  SD NEGERI 040456 BERASTAGI.
Medan, jurusan PPSD, Fakultas Ilmu Pendidikan Unimed Tahun 2010/2011
Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah Siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami materi bangun datar karna pelajaran matematika merupakan pelajaran yang dianggap sulit dan membosankan serta pengunaan alat peraga masih kurang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui motivasi belajar siswa pada pokok bahasan bangun datar dengan mengunakan alat peraga dalam metode bermain di kelas V SD Negeri 040456 Berastagi.
Subjek penelitian ini seluruh siswa kelas V SD Negeri 040456 Berastagi yang berjumlah 30 orang siswa, jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode bermain dengan sasaran  utama bertujuan untuk mengetahui sejauh mana motivasi belajar siswa pada pokok bahasan bangun datar kelas V SD Negeri 040456 Berastagi Kab. Karo.
 Rumusan masalah penelitian adalah apakah terdapat peningkatan motivasi belajar siswa pada pokok bahasan bangun datar dengan menggunakan alat peraga dalam metode bermain di kelas V SD Negeri 040456 Berastagi.
Tahapan yang dilakukan  dari awal sampai selesai adalah dengan melakukan kegiatan awal untuk pertama kalinya. Pada siklus I, hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Diperoleh data bahwa 6 orang siswa (20%) yang motivasi belajarnya tergolong rendah, 16 orang siswa (53,3%) tergolong sedang dan 8 orang siswa 26,7% tergolong tinggi. Namun pencapaian tersebut masih belum pada pencapaian yang diharapkan.  Pada siklus II diperoleh data bahwa 2 orang siswa (6,7%) yang motivasi belajarnya tergolong rendah, 5 orang siswa (16,7%) tergolong sedang dan 23 orang siswa 76,6% tergolong tinggi. Dari perhitungan motivasi belajar diatas maka siswa yang mengalami perubahan sebesar 63,3%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar dengan mengunakan alat peraga dalam metode bermain di kelas V SD Negeri 040456 Berastagi.
 Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan alat peraga dalam metode bermain dapat meningkatkan motivasi belajar siswa bila diterapkan pada pelajaran matematika dalam pokok bahasan bangun datar di kelas V SD Negeri 040456 Berastagi Kab. Karo.


untuk mendapatkan full skripsi call 081263345154 (http://www.levi-frando.blogspot.com/)

Tidak ada komentar: