Oleh:levi
Standard
ISO 9000 adalah standar tentang sistem manajemen mutu yang penerapannya
dimaksudkan untuk meningkatkan mutu produk dan jasa/pelayanan sehingga
mamapu memberikan dan meningkatkan mutu dan kinerja organisasi secara
berkesinambungan untuk memuaskan pelanggan. ISO 9000 dikeluarkan oleh
lembaga ISO (International Organization For Standardization) yaitu suatu
badan standar internasional yang anggotanya terdiri dari badan-badan
standar nasional di dunia beranggotakan lebih dari 140 negara, yang
berkantor pusat di Jenewa, Swiss.Seri ISO pertama kali dilaunching pada
tahun 1987 kemudian diperbaharui tahun 1994 dengan seri ISO 9000:1994
dan terakhir pada tahun 2000 dengan seri ISO 9000:2000. Pemantauan
kepuasan pelanggan menghendaki penilaian informasi berkaitan dengan
persepsi pelanggan apakah Organisasi telah memenuhi persyaratan
pelanggan, dan telah melakukan check balance yang dikenal dengan sistem
PDCA (Plan Do Check Act) pada semua manajemen terutama yang berkaitan dengan mutu.Secara singkat PDCA dapat dijelasakan sebagai berikut:
Plan :
Tetapkan sasaran /objektive/goal mutu dan proses yang diperlukan agar
sesuai dengan persyaratan pelanggan dan kebijakan organisasi/perusahaan.
, aplikasi sasaran mutu adalah KPI (Key Performance Indicator)
yang diturunkan menjadi KPI Fungsi/Bagian yang dijabarkan lebih detail
dalam SMK (Sistem Manajemen Kinerja) tiap pekerja. KPI dievaluasi setiap
semester untuk Bagian dan setiap tahun untuk SMK.
Do : Impelementasi prosesnya.
Check : Monitor dan ukur proses dan produk terhadap kebijakan, sasaran mutu, dan persyaratan bagi produk, serta laporkan hasilnya.
Act :
Lakukan tindakan untuk peningkatan kinerja proses secara berkelanjutan.
Sistem manajemen mutu ISO 9000:2000 mencakup sistem input dan output
proses produksi yang meliputi rantai pasokan dari:
Pemasok —————Organisasi———————–Pelanggan
DELAPAN PRINSIP MANAJEMEN MUTU ISO 9000:2000
Delapan
prinsip manajemen mutu pada sistem manajemen mutu ISO 9001 : 2000
dipergunakan memimpin organisasi kearah perbaikan kinerja. Delapan prinsip manajemen mutu tersebut adalah :
1. Customer Focus (Fokus pada Pelanggan)
Suatu
perusahaan/organisasi tergantung pada pelanggannya atau pelanggan
adalah kunci meraih keuntungan. Oleh karena itu organisasi harus
memahami kebutuhan/keinginan pelanggan baik saat ini maupun di masa
mendatang, agar dapat memenuhi persyaratan pelanggan dan mampu melebihi
harapan pelanggan
2. Leadership (Kepemimpinan)
Pemimpin
perusahaan/organisasi harus mampu menciptakan visi, dan mampu
mewujudkan visi tersebut menuju kenyataan. Pemimpin harus dapat menarik
orang lain untuk mewujudkan visi organisasi. Penerapan prinsip
kepemimpinan mengarah pada :
· Penciptaan visi yang jelas untuk masa depan organisasi.
· Penetapan target, tujuan atau sasaran yang menantang.
· Menyediakan sumber daya dan pelatihan bagi pekerjanya.
· Kebebasan bertindak dengan tanggungjawab & akuntabilitas.
· Menjadi contoh dalam hal kejujuran, moral dan penciptaan budaya kerja.
· Penciptaan kepercayaan (trust)
- Involment of People (Keterlibatan Semua Karyawan)
Keterlibatan
seluruh karyawan dalam organisasi adalah dasar yang sangat penting
dalam prinsip manajemen mutu. Hal ini dapat dilakukan dengan cara
memberdayakan dan memberi kesempatan kepada karyawan untuk merencanakan,
menerapkan rencana dan mengendalikan rencana pekerjaan yang menjadi
tanggungjawab masing-masing. Dengan adanya keterlibatan personel secara
menyeluruh, akan dihasilkan rasa memiliki dan tanggung jawab dalam
menyelesaikan masalah. Hal ini akan memicu karyawan untuk aktif dalam
melihat peluang untuk peningkatan pengetahuan dan pengalaman.
- Process Approach (Pendekatan Proses)
Proses
di dalam sistem manajemen mutu ISO 9001:2000 didefinisikan sebagai
“kumpulan aktivitas yang saling berhubungan / mempengaruhi sehingga
dapat merubah input (material, persyaratan, peralatan, instruksi)
menjadi output (barang atau jasa)”.
Pendekatan
proses didefinisikan sebagai “identifikasi yang sistematis dan
pengelolaan proses yang digunakan organisasi dan pemahaman hal-hal yang
mempengaruhi setiap proses”.
Dalam
konteks ISO 9001:2000, pendekatan proses mensyaratkan organisasi untuk
melakukan identifikasi, penerapan, pengelolaan dan melakukan peningkatan
mutu berkelanjutan (continual quality improvement).
Pendekatan secara proses diperlukan saat menyusun dan menerapkan sistem
mutu. Hal ini menuntut setiap bagian/fungsi untuk memiliki visi
terhadap kepuasan pelanggan .
5. System Approach to Management (manajemen berdasar pendekatan sistem).
Pendekatan
sistem pada manajemen didefinisikan sebagai identifikasi pemahaman, dan
pengelolaan sistem dari proses yang saling terkait untuk pencapaian dan
peningkatan sasaran perusahaan/organisasi dengan efektif dan efisien.
- Continual Improvement (Peningkatan Berkelanjutan)
Peningkatan
berkelanjutan harus dijadikan sasaran dan tujuan tetap organisasi. Pada
peningkatan berkelanjutan, sasaran tidak akan ditingkatkan sampai
sasaran yang ditetapkan tercapai lebih dulu, hanya setelah sasaran
tercapai maka sasaran baru yang lebih meningkat ditetapkan.
- Factual Approach to Decision Making (Pengambilan Keputusan Berdasar Fakta)
Pengambilan keputusan yang efektif didasarkan pada analisis data dan informasi. Langkah-langkah yang digunakan dalam penerapan prinsip ini adalah :
· Melakukan pengujian serta pengumpulan data dan informasi yang berhubungan dengan sasaran.
· Memastikan data dan informasi yang akurat, dapat dipercaya, dan mudah diakses.
· Menganalisis data dan informasi dengan menggunakan metode yang benar.
· Memahami penggunaan teknik statistik.
· Membuat keputusan dan menindaklanjutinya berdasarkan hasil analisis dan pengalaman.
- Mutually beneficial supplier relationships (Hubungan dengan pemasok yang saling menguntungkan)
Organisasi
dan pemasoknya/supplier saling tergantung, dan sudah selayaknya
merupakan hubungan yang saling menguntungkan dalam rangka meningkatkan
kemampuan keduanya dalam menciptakan nilai. Implementasi dari prinsip
ini adalah :
· Mengidentifikasi dan menyeleksi pemasok.
· Melibatkan pemasok dalam mengidentifikasi kebutuhan perusahaan.
· Melibatkan pemasok dalam proses pengembangan strategi perusahaan.
· Memastikan bahwa output dari pemasok sesuai dengan persyaratan organisasi/perusahaan.
· Berkomunikasi dan berbagi informasi dengan pemasok.
KLAUSUL –KLAUSUL DALAM ISO 9001 : 2000
Isi
dari Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000 terdiri dari klausul-klausul
yang bersifat informasi (klausul 1 s/d 3), dan klausul klausul utama
(klausul 4 s/d 8) yang digunakan sebagai acuan dalam penerapannya.
Klausul- klausul tersebut adalah :
Klausul 1, Ruang lingkup Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000, yaitu :
1.1. Umum
Standard Internasional ini menetapkan persyaratan untuk sistem
manajemen mutu di mana suatu organisasi :a. Perlu menunjukan
kemampuannya untuk menyediakan secara konsisten produk yang memenuhi
persyaratan pelanggan dan peraturan yang berlaku, danb. Bertujuan
meningkatkan kepuasan pelanggan melalui penerapan sistem yang efektif,
termasuk proses peningkatan sistem secara berkelanjutan dan jaminan
kesesuaian terhadap persyaratan pelanggan dan peraturan yang berlaku. Catatan
: Dalam Standard Internasional ini, istilah ”produk” diterapkan hanya
produk yang dimaksudkan untuk, atau dibutuhkan oleh, pelanggan.
1.2. Penerapan Semua
persyaratan dari Standard Internasional ini adalah umum dan dimaksudkan
untuk dapat diterapkan pada semua organisasi, tanpa menghiraukan jenis,
ukuran dan produk yang dihasilkan.Jika ada persyaratan Standard
Internasional ini yang tidak dapat diterapkan karena sifat organisasi
dan produknya, maka dapat dipertimbangkan untuk pengecualian.Bila
pengecualian dilakukan maka klaim kesesuaian terhadap Standard
Internasional ini hanya dapat diterima jika pengecualian terbatas pada
persyaratan klausul 7, dan pengecualian tidak mempengaruhi kemampuan,
atau tanggung jawab organisasi untuk menyediakan produk yang memenuhi
persyaratan pelanggan dan peraturan yang berlaku.
Klausul 2, Acuan Standard
Sebagai
referensi adalah edisi terakhir dari dokumen standard edisi ketiga ISO
9001: 2000 yang telah menjadi Standar SNI 19-9001-2001 untuk diacu dan
diterapkan. Anggota ISO diwajibkan memelihara daftar dari Standard
Internasional yang saat ini berlaku.
Klausul 3, Istilah dan Definisi
Untuk
maksud dari Standard Internasional ini, istilah dan definisi yang
diberikan ISO 9000 diberlakukan. Adapun klausul utama Sistem Manajemen
Mutu ISO 9001:2000 tersebut adalah
Klausul 4, Sistem Manajemen Mutu
Klausul 5, Tanggung Jawab Manajemen
Klausul 6, Manajemen Sumber Daya
Klausul 7, Realisasi Produk
Klausul 8, Pengukuran, Analisa, dan Peningkatan
1. Interpretasi Klausul -4, Sistem Manajemen MutuS
ub Klausul 4.1 Organisasi / Perusahaan harus :
Mengidentifikasi proses-proses yang diperlukan oleh Sistem Manajemen Mutu beserta penerapannya
. Menentukan urutan dan interaksi dari proses proses tersebut
.
Menentukan kriteria dan metode yang diperlukan untuk menjamin bahwa
operasi dan pengendalian dari proses-proses tersebut efektif
. Menjamin ketersediaan sumber daya dan informasi yang perlu untuk mendukung operasi dan pemantauan dari proses-proses tersebut.
Memantau, mengukur, dan menganalisis proses-proses tersebut, dan
Menerapkan tindakan yang perlu untuk mencapai hasil yang direncanakan dan peningkatan berkelanjutan dari proses tersebut.
Subklausul 4.2 Persyaratan DokumentasiDokumentasi Sistem Manajemen Mutu harus mencakup :
Pernyataan tertulis/terdokumentasi dari kebijakan mutu, sasaran mutu, pedoman mutu.
Prosedur
terdokumentasi yang diminta standard. Prosedur minimal yang harus ada
adalah : Pengendalian Dokumen, Pengendalian Record/arsip, Internal
Audit, Pengendalian Produk tidak sesuai, Tindakan Koreksi &
Pencegahan.
Prosedur
terdokumentasi yang diperlukan organisasi untuk meyakinkan efektifitas
perencanaan, operasi dan pengendalian proses-proses yang ada.
Catatan Mutu (record)
Interpretasi Klausul – 5 , Tanggung Jawab Manajemen
Top
Manajemen harus memberikan bukti atas komitmennya untuk pengembangan
dan penerapan Sistem Manajemen Mutu secara berkelanjutan dan
meningkatkan efektifitasnya melalui :
Komunikasi kepada organisasi tentang pentingnya memenuhi persyaratan pelanggan, demikian juga peraturan dan hukum
. Menetapkan kebijakan mutu
Menjamin bahwa sasaran sasaran mutu (KPI & SMK) telah ditetapkan
Melaksanakan tinjauan manajemen
Menjamin tersedianya sumber daya
Menjamin
bahwa kebutuhan dan harapan pelanggan ditentukan/ditetapkan kemudian
diubah menjadi persyaratan, dipenuhi dalam rangka memuaskan pelanggan
untuk memberikan keyakinan/kepercayaan kepada pelanggan.
Menunjuk
salah satu anggota manajemen sebagai Manajemen Representatif yang
bertanggung jawab dan berwenang dalam implementasi ISO 9001:2000 serta
sebagai penghubung dengan pihak luar dalam masalah yang berhubungan
dengan Sistem Manajemen Mutu.
3. Interpretasi Klausul – 6 , Manajemen Sumber Daya
Manajemen Sumber Daya dibagi menjadi tiga yaitu :
Sumber Daya Manusia, Infrastruktur, dan Lingkungan Kerja.
Personel
yang melakukan pekerjaan yang berpengaruh pada mutu produk harus
kompeten berdasar pada kesesuaian pendidikan, pelatihan, keterampilan
dan pengalaman.
Menetapkan
kompetensi yang dibutuhkan pekerja serta memberikan pelatihan untuk
memenuhi kebutuhan ini, serta mengevaluasi keefektifan pelaksanaannya
. Menjamin bahwa pekerja tahu akan aktifitas dan kontribusi mereka untuk mencapai sasaran mutu (KPI).
Memelihara record pendidikan, pelatihan, keterampilan dan pengalaman
serta dilakukan evaluasi secara periodik, untuk kepentingan updating
serta pembinaan
. Menentukan, menyediakan, dan memelihara infrastruktur (bangunan, alat produksi, utilities, hardware/software, transportasi, dan komunikasi).
Interpretasi Klausul – 7 , Realisasi Produk
Organisasi
harus merencanakan dan mengembangkan proses yang dibutuhkan untuk
realisasi. Perencanaan realisasi produk harus konsisten dengan
persyaratan lain dari proses-proses sistem manajemen mutu. Perencanaan
Realisasi Produk Dalam merencanakan realisasi produk, organisasi harus
menentukan hal-hal berikut
: Sasaran mutu dan persyaratan produk
Kebutuhan untuk penetapan proses, dokumen, dan menyediakan sumber daya yang spesifik untuk produk
.
Kegiatan verifikasi, validasi, pemantauan, inspeksi dan kegiatan uji
yang spesifik yang dibutuhkan untuk produk dan kriteria suatu produk
dapat diterima (keberterimaan produk)
Rekaman yang dibutuhkan untuk memberikan bukti bahwa proses realisasi dan produk yang dihasilkan memenuhi persyaratan.
Proses terkait pelanggan
Organisasi harus menetapkan
: Persyaratan yang ditetapkan pelanggan, termasuk persyaratan untuk penyerahan dan kegiatan setelah penyerahan.
Persyaratan
produk yang tidak dinyatakan oleh pelangan tetapi dibutuhkan untuk
penggunaan tertentu, jika diketahui berhubungan dengan Persyaratan dan
peraturan hukum.
Menerapkan
peraturan yang efektif untuk berkomunikasi dengan konsumen yang
berkaitan dengan informasi produk, penanganan kontrak/pesanan yang
diambil, termasuk perubahan dan keluhan pelanggan.
Rancangan dan Pengembangan
Top
manajemen harus memastikan bahwa keperluan proses desain dan
pengembangan telah didefinisikan, diterapkan dan dipelihara untuk
merespons kebutuhan dan harapan pelanggan dan pihak yang berkepentingan
lainnya
.
Dalam melakukan desain harus mempertimbangkan semua faktor yang
memberikan kontribusi dalam memenuhi kinerja produk dan prosesnya
beserta aspek dampaknya (lingkungan dan masyarakat).
Akifitas yang harus ditetapkan dalam desain dan pengembangan adalah :
perencanaan desain dan pengembangan, peninjauan desain dan pengembangan,
verifikasi desain dan pengembangan, validasi desain dan pengembangan
serta pengendalian perubahan desain dan pengembangan.
PembelianAgar
organisasi dapat menghasilkan produk atau jasa yang memenuhi
harapan/kepuasan pelanggan, maka harus ada jaminan bahwa barang/jasa
yang dipesan/dibeli dari pemasok sesuai dengan persyaratan yang telah
ditetapkan. Produk atau jasa ini dapat berbentuk bahan baku, barang
setengah jadi, jasa purna jual, pemeliharaan dan lain sebagainya. Untuk
itu organisasi harus mengevaluasi dan memilih pemasok atas dasar
kemampuannya memenuhi persyaratan sistem manajemen mutu dengan beberapa
cara, antara lain :
Melakukan tinjauan kinerja pemasok sebelumnya dalam menyediakan produk, proses dan jasa yang sama.
Melakukan evaluasi standarad sistem manajemen mutu yang dimiliki pemasok
. Melakukan evaluasi penawaran pemasok yang meliputi mutu, biaya dan ketetapan penyerahan.
Perlu dibuat record hasil evaluasi pemasok, dan record tersebut harus dipelihara.
Produksi dan penyedia jasa
Organisasi harus merencanakan dan melaksanakan produksi dan penyediaan jasa dalam keadaan terkendali, yang mencakup :
Ketersediaan informasi yang menjelaskan karakteristik produk
Ketersediaan instruksi kerja, jika diperlukan
Penggunaan peralatan yang memadai
Ketersediaan dan penggunaan peralatan pemantauan dan pengukuran.
Penerapan pemantauan dan pengukuran
. Penerapan kegiatan pelepasan, penyerahan, dan setelah penyerahan.
Pengendalian
alat pemantauan dan pengukuranManajemen perlu mendefinisikan dan
menerapkan pengukuran dan pemantauan proses yang efektif dan efisien,
mencakup metode dan alat vervikasi, validasi produk dan proses. Alat
yang digunakan harus memiliki keakuratan dan ketepatan serta kesesuaian
terhadap standar.Untuk memastikan validasi hasil, alat pengukur harus
dikalibrasi atau diverifikasi pada jangka waktu tertentu, atau sebelum
dipakai, terhadap standard pengukuran yang mampu melacak ke standard
pengukuran internasional atau nasional, jika tidak ada standard, maka
dasar yang digunakan untuk kalibrasi atau verifikasi harus
dicatat/direcord. Selain itu hal-hal yang perlu diperhatikan berkaitan dengan hal tersebut:
Mengidentifikasi peralatan yang perlu dikalibrasi
Mengkalibrasi dan memelihara peralatan inspeksi, pengukuran dan pengujian termasuk perangkat lunak
. Menentukan pengukuran dan ketelitian yang diperlukan
Apabila dilakukan kalibrasi sendiri, harus ditetapkan metode kalibrasinya.
Mengidentifikasi semua peralatan dan status kalibrasi (tagging atau label)
Memastikan bahwa kondisi lingkungan sesuai untuk melakukan kalibrasi
. Memelihara catatan kalibrasi.
Interpretasi Klausul – 8 , Pengukuran, Analisa dan Peningkatan
Mengukur
kinerja organisasi merupakan kunci untuk mencapai efektifitas dan
efisiensi. Hasil pengukuran kinerja tersebut akan digunakan sebagai
dasar untuk membandingkan antara apa yang telah dicapai dengan apa yang
seharusnya dicapai oleh organisasi. Organisasi harus secara
berkesinambungan memantau tindakan peningkatan, termasuk penerapan agar
dapat digunakan sebagai salah satu masukan tinjauan manajemen yang
nantinya akan digunakan sebagai alat untuk meningkatkan kinerja
organisasi. Pengukuran kinerja organisasi tersebut harus mencakup : Pengukuran dan evaluasi produk Kemampuan suatu proses untuk mencapai hasil yang direncanakan
Kepuasan pelanggan Pengukuran Sistem Manajemen Mutu tersebut adalah
dengan melakukan audit secara berkala. Dengan dilakukannya audit secara
berkala akan dapat diketahui kekurangan proses Sistem Manajemen Mutu dan
untuk selanjutnya dilakukan koreksi. Audit juga diperlukan untuk
mengetahui posisi pada suatu periode tertentu guna peningkatan perbaikan
secara berkelanjutan. Audit ini dilakukan oleh internal auditor dan
secara eksternal dilakukan oleh Lembaga Sertifikasi.
SISTEM DOKUMENTASI DAN RECORD /CATATAN
Definisi
dokumen menurut ISO 9001:2000 adalah informasi (data yang ada artinya)
dan media pendukungnya (kertas, disket, CD ROM dsb). Sedangkan record
merupakan dokumen yang menyatakan hasil yang dicapai atau bukti
dilaksanakannya perbaikan. Dokumen sangat diperlukan di dalam Sistem
Manajemen Mutu ISO 9001:2000 karena dengan dokumen memungkinkan
mengkomunikasikan maksud dan konsistensi tindakan. Struktur dokumen
dibedakan dalam empat level, yaitu Pedoman Mutu, Prosedur, Instruksi
Kerja, Formulir-Rekaman dll. Dokumen dan record dikendalikan dengan
prosedur yang diatur dalam Dokumen Mutu Penanganan dokumen dan Record.
E. SISTEM AUDIT MUTU ISO 900:2000
AUDIT
MUTU adalah proses pengujian sistematik dan mandiri untuk menetapkan
apakah kegiatan mutu dan hasil yang berkaiatan sesuai dengan pengaturan
yang direncanakan dan apakah pengaturan-pengaturan yang disebut ini
diterapkan secara efektif dan sesuai untuk mencapai tujuan. Audit
dilakukan secara internal maupun eksternal. Proses audit mutu dilakukan
selama menuju sertifikasi untuk memastikan kesiapan memperoleh
sertifikasi dan setelah diperoleh sertifikasi untuk mempertahankan
sertifikat yang diperoleh. MAsa berlaku sertifikat adalah 3 tahun dan
setiap tahun di audit minimal 1 kali.
F. SERIFIKASI ISO 9000
Sertifikasi
dilakukan oleh lembaga pemberi sertifikasi baiak dari dalam dan luar
negeri yang telah terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional dan
lembaga ISO internasional. Beberapa lembaga sertifikasi adalah
Sucofindo, BVQI, Kema, QAS, ABIQA, AFAQ dll.
G. MANFAAT ISO 9000:2000
1. Meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan melalui jaminan mutu yang terorganisasi dan sistematik
2. Meningkatkan image perusahaan serta daya saing dalam memasuki pasar global
3. Menghemat biaya dan mengurangi duplikasi audit sistem mutu oleh pelanggan
4.
Terbuka kesempatan pasar baru karena perusahaan yang telah memperoleh
sertifikat ISO 9000:2000 secara otomatis terdaftar pada lembaga
registrasi, sehingga apabila pelanggan potensial ingin mencari pemasok
bersertifikat ISO 9000:2000, akan menghubungi lembaga registrasi.
5. Meningkatkan mutu dan produktivitas dari manajemen melalui kerjasama dan komunikasi yang lebih baik
6. Sistem pengendalian yang konsisten
7. Pengurangan dan pencegahan pemborosan karena operasi internal menjadi lebih baik
8. Meningkatkan kesadaran terhadap mutu dalam perusahaan
9.
Memberikan pelatihan secara sistematik kepada seluruh karyawan dan
manajer organisasi melalui prosedur-prosedur dan instruksi-instruksi
yang terdefinisi secara baik
10.
Terjadi perubahan positif dalah hal kultur mutu dari anggota
organisasi, karena manajemen dan karyawan terdorong untuk mempertahankan
sertifikat ISO 9000:2000 hanya berlaku 3 tahun.
11. Memaksa organisasi bersedia menghadapi isu-isu yang berkembang di organisasi
12. Membuat sistem kerja dalam suatu perusahaab menjadi standar kerja yang terdokumentasi.
13.
Adanya jaminan bahwa perusahaan itu mempunyai sistem manajemen mutu dan
produk yang dihasilkan sesuai dengan keinginan pelanggan.
14. Dapat berfungsi sebagai standar kerja untuk melatih karyawan baru.
15. Menjamin bahwa proses yang dilaksanakan sesuai dengan sistem manajemen mutu yang diterapkan.
16. Semangat pegawai ditingkatkan karena mereka merasa adanya kejelasan kerja sehingga mereka bekerja dengan efisien.
17. Adanya kejelasan hubungan antara bagian yang terlibat dalam melaksanakan suatu pekerjaan.
18. Kepercayaan manajemen yang sangat tinggi.
19. Dapat mengarahkan karyawan agar berwawasan mutu dalam memenuhi permintaan pelanggan, baik internal maupun eksternal.
20. Dapat menstandardisasi berbagai kebijakan dan prosedur operasi yang berlaku di seluruh organisasi.
H. PENYEDERHANAAN PEMAHAMAN ISO 9000
1. Catat Apa yang Anda Lakukan
2. Lakukan Apa Yang Anda Catat
3. Catat Apa Yang telah Anda Capai
4. Lakukan Control, Review dan Perbaikan
5. Standarkan dan Dokumentasikan dengan baik
6. Kerjakan dengan benar sejak pertama kali melakukan
- Lengkap instruksi kerja
- Adakan pelatihan
- Disiplin dalam penerapan
- Setiap orang bertanggung jawab dalam menjamin mutu
- Mutu dicapai atas kontribusi semua
- Tingkatkan mutu untuk perode berikutnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar